Cara Mudah Memahami Perbedaan OKR & SMART Dalam Menentukan Goals-mu!

Hi guys, kembali lagi bersama saya.. wah, rasanya sudah lama sekali ya kita tidak berjumpa. Semoga kalian semua selalu diberikan kesehatan dan selalu dalam lindungan-Nya..

Oke, kali ini saya akan membahas apa itu OKR & SMART ? kenapa OKR & SMART itu penting? Serta bagaimana penerapan OKR & SMART yang benar.

Langkah awal untuk mengetahui pertanyaan di atas, kita semua harus paham terlebih dahulu apa itu OKR & SMART. Ya, OKR adalah singkatan dari Objective key and results

OKR adalah metode sistematis yang digunakan untuk menentukan tujuan dan cara mengukur pencapaian tujuan tersebut. OKR membantu memfokuskan otoritas kerja yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan, serta apa saja yang harus dilakukan untuk memantau eksekusi perencanaan tersebut. Metode OKR diseut-sebut sebagai pembawa andil dari pesatnya pertumbuhan Google.

OKR pertama kali diciptakan oleh Andy Grove di intel dan mengajarkannya kepada John Doer. John Doer pada saat itu berinvestasi di google yang masih berbentuk startup di tahun 1999. Ia kemudian mempopilerkan penggunaannya di google serta menulis buku berjudul "Measure What Matters" sejak saat itu, banyak perusahaan startup maupun mapan yang mengadopsi metode tersebut, termasuk Netflix, Linkedln, dan Twitter.

OKR terdiri dari dua unsur, yaitu Objective dan Key Results.

Apa itu Objective dan Key Results? Baik, kita kupas satu persatu ya! 

  • Objective merupakan tujuan yang ingin dicapai. Objective bersifat kualitatif dan harus bersifat SMART (Specific, Measurable, Actionable, Relevant, Time-bound. Biasanya, tujuan ini harus singkat, menginspirasi, dan menarik. Selain itu, tujuan harus sedikit ambisius sehingga ketika gagal pun, pencapaian yang dihasilkan tetap substantial. Filosofi dibalik OKR adalah ketika perusahaan selalu mencapai 100% tujuan mereka, artinya tujuan tersebut terlalu mudah. Tujuan OKR dikenal dengan istilah stretch goalsBiasanya, ketercapaian tujuan tersebut kurang lebih 60-70%.
  • Key results menentukan benchmark dan memantau bagaimana untuk mencapai objective tersebut. Key result yang efektif haruslah spesifik, memiliki rentang waktu, realistis, dan yang terpenting dapat diukur. KR terdiri dari 2 hingga 5 per objective. KR bersifat kuantitatif dan biasanya dinilai dengan menggunakan angka (misalnya skala 0-1.0)

Kemudian, kita akan membahas apa itu SMART. Ya, SMART merupakan kependekan dari Specific, Measurable, Achievable, Relevant dan Timebound.

Dalam hidup tentunya kita semua memiliki sebuah target dan tujuan untuk menggapai impian. Karenanya setiap orang yang memiliki target  tentu memiliki cara dan tahapannya masing-masing. Di era seperti sekarang ada suatu metode yang dapat mempermudah anda dalam menetapkan target, rencana dan tujuan yaitu metode SMART Goals.

Metode ini muncul pertama kali saat management review di tahun 1981 oleh George T. Doran. Saat ini SMART  digunakan oleh berbagai perusahaan-perusahaan di dunia untuk mencapai tujuan bisnis mereka. Harapannya dengan menggunakan metode SMART mereka dapat lebih terarah untuk mencapai target yang ingin diraih.

saya akan membahas satu persatu tentang metode SMART agar kita semua paham bahwa ada metode yang dapat mempermudah anda untuk mencapai tujuan / goals.

1.    Specific (Spesifik/Khusus)

Saat anda memiliki target ataupun rencana anda perlu menetapkan target yang spesifik. Anda harus membuat target secara detail, jelas dan dapat dipaparkan dengan baik. Artinya suatu target yang secara khusus, bukan target yang dapat ditentukan secara umum. Seperti contohnya:

  • Target Umum : Saya harus lebih sering melakukan investasi
  •  Target Spesifik : Saya harus melakukan investasi agar memiliki rumah dalam 5 tahun yang akan datang

Kenapa OKR & SMART itu penting?.

Jadi OKR dan SMART goal sama-sama dipengaruhi oleh konsep Management By Objectives (MBO). OKR dan SMART sama-sama untuk menstrukturkan sebuah pencapaian goal (tujuan), hanya jalannya saja yang berbeda walau esensinya sama. SMART menggunakan lima elemen, sedangkan OKR menggunakan tiga elemen (objectives, key, results). Kalau saya bandingkan dalam bentuk tabel dapat dilihat seperti ini:

Jadi kelihatannya esensi antara SMART dan OKR sama ya. Kalau begitu, kok ngga dinamakan saja SMART saja, daripada memunculkan istilah baru OKR?

Kalau kita cermati perbedaan menyoloknya ada disini. Kriteria SMART sangat bagus karena mudah diingat akronimnya, mudah digunakan dan cocok untuk penentuan tujuan personal. Namun, SMART hanya fokus pada penyusunan sebuah tujuan (goal) yang baik saja. Sedangkan konsep OKR tidak berhenti disana saja, konteksnya penentuan goal di organisasi secara jelas dan menyeluruh. Dengan OKR, hubungan antara objectives di keseluruhan organisasi tersebut menjadi jelas.

 

Semoga penjelasan di atas membuat kita semakin paham apa itu OKR bila dibandingkan dengan konsep SMART goal ya.


Bagaimana OKR & SMART yang benar? 

Apabila anda sudah menentukan tujuan secara spesifik, maka langkah selanjutnya adalah mengukur progress dari tujuan spesifik yang sudah anda buat. Apakah kita bisa melihat kita semakin dekat dengan tujuan atau tidak. Guna dari adanya Measurable juga untuk melihat dan menentukan langkah selanjutnya dari fakta-fakta yang sudah ada.

 goal / tujuan harus bisa diukur untuk memperlihatkan progress ke tujuan yang akan  anda capai.

Contoh : Saat kamu mempunyai target untuk memiliki rumah dalam waktu 5 tahun, maka kamu perlu menentukan nominal dana yang harus disisihkan setiap bulannya. Apabila target rumahnya seharga Rp 500 juta artinya setiap bulan kamu harus menyisihkan dana ± Rp 8,4 juta untuk mencapai Rp 500 jutaIni target yang measurable karena kita dapat melihat apakah kita semakin dekat dengan tujuan dana Rp. 500 juta atau tidak dari waktu ke waktu.

  • Achievable (Dapat Tercapai)

Pada poin ini anda juga perlu mengetahui bahwa target yang telah anda tentukan tersebut dapat dicapai (Achievable) artinya target ini tidak boleh terlalu mudah, tetapi juga tidak boleh terlalu sulit.

Dengan adanya Achievable ini, kamu dapat menilai apakah tujuan yang telah kamu buat tersebut dapat dicapai atau tidak. Apabila tidak, maka kamu bisa menetapkan tujuan lainnya.Contoh : anda melakukan investasi 10% per bulan dari total pendapatan, target yang telah anda buat adalah 20% per bulan. Karenanya, untuk membuat target tersebut lebih Achievable anda perlu mempertimbangkan dengan baik agar sesuai kemampuan anda dengan menetapkan targetnya secara bertahap mulai dari 12% pada bulan ini14% pada bulan depan dan seterusnya.Relevant (Sesuai)

Saat anda membuat target anda perlu memilih target yang relevan artinya jika target tersebut tercapai, target tersebut tentu akan memiliki  dampak terhadap yang lainnya.

Contoh : anda ingin memiliki tabungan pendidikan untuk anak nanti, dengan asumsi biaya pendidikan anak yang meningkat 15% per tahun, artinya kamu perlu set tujuan investasi kamu dengan investasi yang dapat memberikan bunga minimal 15% per tahun.

Saat target yang sudah ditetapkan relevan, maka tentu akan menjawab semua pertanyaan yang ada seperti apakah target ini dapat diperjuangkan? Apakah target ini sesuai dengan kebutuhan dan target lainnya? Apakah targetnya sesuai dengan waktu yang tepat?

  • Timebound (Batas Waktu)

Jika anda memiliki tujuan tentunya anda harus menetapkan batas waktu dalam mencapai tujuan/goal itu. Batas waktu ini yang realistis diperlukan agar dapat terfokus dan dapat mempersiapkan sumber dana yang diperlukan sedini mungkin.

Contoh :  anda ingin memiliki portofolio investasi dalam waktu 3 tahun kedepan, maka anda perlu mempersiapkan dari sekarang hal-hal yang diperlukan untuk mendukung anda memiliki portofolio tersebut sesuai dengan batas waktu yang telah ditetapkan.

Artikel ini dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah kewirausahaan yang di bimbing oleh Bapak Endra Marsudi,S.P.,M.B.A. dari kampus INSTITUT STIAMI







1 komentar:

  1. PICYMI TOTO - Antona Ridge Designs
    Antona Ridge can titanium rings be resized Designs by camillus titanium knife Antona Ridge 2021 ford escape titanium hybrid Designs. titanium white wheels Antona Ridge Designs tungsten titanium - Antona Ridge Designs. Antona Ridge Designs - Antona Ridge Designs.

    BalasHapus